29 Juli 2010

Main The Sim ala Para Penulis

Pernah memainkan permainan The Sim di komputer? Kita mengawali permainan dengan membuat character lengkap dengan bentuk fisik dan gambaran sifat umumnya. Lalu character kita akan mulai bermain dan berinteraksi dengan puppet The Sim lainnya. Ada puppet yang berasal dari game, ada juga puppet yang berasal dari bikinan pemain lain. Ternyata dalam game tulisan pun ada ajang bermain yang mirip dengan format The Sim. Hanya bedanya, di sini kita tidak akan menggunakan format-format graohik yang bergerak dan dijalankan dnegan mouse komputer, melainkan menggunakan deskripsi, narasi dan dialog untuk menjalakan character/puppet yang sudah kita buat.

Forum roleplay berbasis tulisan adalah game roleplay yang menggunakan tulisan sebagai basis interaksi karakter-karakternya. Tulisan yang dibuat bisa berupa interaktif paragraf fiksi atau paragraf kolaborasi. Paragaraf ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, yaitu si karakter yang bersangkutan. Hal ini diterapkan untuk memisahkan antara karakter fiksi dengan sang author/puppet amsternya. Istilah OOC (out of character) atau OOG (out of game) digunakan untuk membedakan pesan yang disampaikan oleh author dengan paragraf mengenai kisah sang karakter.

Admin forum atau yang disebut juga sebagai game master akan menentukan bentuk setting apa yang diberlakukan dalam forumnya. Misalnya, ada forum yang mengambil setting sebuah sekolah, sebuah kota atau sebuah negara atau dunia fantasi (alter universe) lainnya. Section forum akan disusun menjadi tempat-tempat yang bisa dijadikan lokasi bagi para usernya untuk berinteraksi dan berkolaborasi cerita. Game master juga akan menentukan segala peraturan yang harus dipatuhi oleh para user saat membuat karakter atau berinteraksi dengan pemain lain. Umumnya peraturan itu akan berhubungan dengan cara bergabung, cara bermain, dan hal-hal yang tidka diperkenankan dan hal yang diperbolehkan untuk dilakukan oleh para pemain berdasar dengan latar belakang atau bentuk role play forum yang bersangkutan.

User forum dikenal juga dengan sebutan puppet master atau author. Mereka akan bergabung dalam forum dengan cara meregistrasikan puppet/karakter buatan mereka. Karakter tersebut harus dilengkapi dengan biodata, deskripsi sifat, deskripsi fisik dan visualisasi image (dalam bentuk avatar). Satu puppet master bisa mendaftarkan lebih dari satu puppet/karakter, tergantung dari aturan yang sudah dibuat oleh game master forum. Sejumlah puppet master ada yang sudah merencanakan plot cerita untuk puppetnya, ada juga yang memasukkan puppet tanpa menyiapkan plot tertentu. Di dalam forum nantinya para puppet ini akan berinteraksi dengan puppet lainnya pada lokasi-lokasi yang sudah disediakan. Mekanismenya adalah dengan cara membuat paragraf-paragraf yang berbalasan, mirip cerita kolaborasi. Satu aturan pasti yang tidak boleh dilanggar oleh setiap puppet master adalah tidak diijinkan menggambarkan atau menggerakkan puppet dari puppet master lain meskipun penceritaan harus ditulis dalam sudut pandang orang ketiga.

Beberapa contoh roleplay forum berbasis tulisan yang bisa diikuti :

IndoHogswart : forum roleplay basis tulisan dengan setting sekolah sihir Hogswart.

Toshi Haku : forum roleplay basis tulisan dengan seting sebuah kota

Lily Academy : forum roleplay basis tulisan dengan setting sekolah asrama putri di Jepang

Mihara Daigaku: forum roleplay basis tulisan dengan setting kehidupan universitas di Jepang.

Beberapa istilah yang perlu diperhatikan dalam role play forum berbasis tulisan:

Karakter (character), adalah tokoh fiksi yang akan digunakan atau digerakkan oleh penulis (puppet master) dalam forum Role play yang bersangkutan. Ada dua macam karakter yang dikenal, yaitu : player character/original character (karakter yang diciptakan oleh si penulis) dan non-player character (yaitu karakter yang diambil dari manga, game atau film yang sudah ada)

NPC (Non Player Character), adalah karakter yang dibuat hanya sebagai pelengkap plot. Kemunculannya biasanya hanya bersifat situatif. NPC bisa berupa karakter yang digerakkan oleh seorang puppet master atau karakter yang muncul dalam deskripsi roleplay (godmoded NPC)

Mary Sue/Gary Sue, adalah karakter yang terlalu sempurna sehingga selalu menjadi pusat perhatian atau keluar sebagai pemenang (dengan alasan yang klise atau tidka logis) dalam segala hal dan tidak pernah terlihat memiliki kelemahan sebagai manusia.

Contoh:
Seorang karakter perempuan digambarkan cantik, menarik, pintar, pandai bicara, selalu bisa menyelesaikan semua tugas yang diberikan padanya dengan sempurna, selalu memenangkan adu pembicaraan dengan siapapun dengan mudah, selalu membuat siapapun yang melihat dan mengenalnay terkagum-kagum. Konsep karakterisasi semacam ini bisa dianggap melupakan istilah “selalu ada langit di atas langit” dan bisa dianggap sebagai Mari Sue chara.

OOC (out of character), adalah situasi dimana character bersikap tidak sesuai dengan karkater dia yang sesungguhnya. Misal : karakter yang memiliki sifat keras dan dingin mendadak jadi sangat penyayang dan melankolis dalam penggambarannya. Hal semacam iti memang tidak selalu menjadi topik OOC. Namun bila perubahan karakter terjadi tanpa alasan masuk akal, OOC menjadi sesuatu yang mengganggu karakterisasi karkater yang bersangkutan.

OOG (out of game), adalah situasi yang berlangsung di luar game/plot, bisa antara karakter yang oOC atau antar puppet masternya. Baik oOC maupun OOG kadang dipakai sebagai keterangan saat penulis ingin menyampaikan sesuatu tidak sebagai tokoh cerita, melainkan sebagai penulis.

Godmoding (godmoding, moding, godmodding etc.), adalah situasi dimana satu karakter menggerakkan karakter lain tanpa persetujuan puppet master karakter tersebut. Godmodding tidak hanya berlaku pada gerakan fisik, namun termasuk juga ekspresi maupun penggambaran pikiran karkater lawan main.

Contoh : Dia menunjukkan hadiah yang dibawanya itu kepada adiknya. Senyum mengembang di wajah saat melihat adiknya terlihat sumringah karena senang (padahal dalam posting sebelumnya tidak disebutkan oleh pupet master karakter si adik bahwa tokoh adik itu terlihat sumringah karena senang). God moding bisa diminimalisir sedikit dengan memberi keterangan yang bersifat probabilitas seperti misalnya :
Dia menunjukkan hadiah yang dibawanya itu kepada adiknya. Senyum mengembang di wajahnya menanti reaksi sang adik. Seharusnya orang mendapat hadiah itu biasanya akan sumringah dan senang, bukan?

Metagaming, adalah memasukkan pengetahuan author pada karakter lawan ke dalam pikiran karakter miliknya mengenai karakter lawan. Misal: author A berdiskusi tentang author B bahwa chara author B sedang jatuh cinta pada chara C. Saat melakukan RP, tiba-tiba chara author A menyeletuk : “kau jatuh cinta pada C, kan?” (padahal dalam RP kedua chara tidak pernah digambarkan situasi dimana chara author A memungkinkan untuk mengetahui fakta itu). Metagaming sebaiknya dihindari untuk menjaga logika cerita.

Author/puppet master, adalh penulis yang menjalankan karakter-karakter yang terlibat dalam role play.

Timeline, adalah setting waktu yang dibuat saat role play berlangsung. Timeline dibuat untuk menjalin logika plot character yang bersangkutan atas thread-thread yang dia buat atau dengan situasi role play forum secara keseluriuhan.

IC, berbagai hal yang terjadi sesuai dengan karakter chara yang bersangkutan

Role-Playing (role-play, RP, Rping), adalah konsep dimana seorang pemain (penulis) bermain atau berinteraksi dengan pemain (penulis) lainnya berinteraksi berdasar peran mereka sebagai tokoh yang telah mereka buat.

Tags/Tagging, adalah penandaan tipe thread, apakah thread tersebut bersifat privat (melibatkan dua character saja), Terbuka terbatas (melibatkan beberapa character yang sudah ditentukan) anatu Open (terbuka untuk semua character).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar