19 April 2009

Ketinggalan Kereta

First of all, I'd like to say Happy Idul Adha for you who celebrate it. Musim lebaran haji kali ini ada embah di purbalingga yang lagi wuquf di padang Arafah. Mbah, semoga baik-baik saja di sana. Oya, jangan lupa doakan cucumu ini supaya cepet dapet jodoh.. hahaha.
Di perumahan tempat saya tinggal qurban 30-an ekor kambing dan 3 ekor sapi.
Halah, info gak penting banget itu! Show off!! Hehehe.... lanjuutt....



Akhirnya setelah berjuang mati-matian, bisa juga masuk blog lagi. Phew!! Belakangan ini koneksi internet kacau balau lagi. Kali hostnya udah capek diteror terus sama saya. Belakangan juga saya jadi curiga jangan-jangan ada user koneksi yang donlot dengan brutal sehingga mengacaukan speed loading user lain (kalo dipikir-pikir itu kan yang dulu saya lakukan kepada yang lainnya. Ehm.. apakah ini suatu karma?)

Hari ini mau mulai tulis apa yah?? Oh sesuai judul kali yah... Ini adalah pengalaman terbaru dan terlucu di keluarga saya (mungkin yang lain mikir ini nggak ada lucu-lucunya sama sekali. tapi who care? Karena "lucu" itu sendiri adalah sesuatu yang relatif. Masalahnya buat keluarga saya yang nggak suka "ngelucu", hal ini termasuk "lucu")

Kemaren, malem takbiran, adek saya yang kerja di jakarta berencana mau mudik. Supaya besok paginya dia bisa sholat Ied bareng keluarga di purwokerto. Saya berasa udah ga sabar aja nungguin dia balik (padahal barusan ketemu beberapa bulan lalu). Yah, begitulah kalo terlalu aku sama adek perempuan. Secara selama ini dialah tempat sampah terbesar saya. jadi inget sama kata-kata muridku dua hari lalu,

Murid sy : "Miss! Ciciku (cici : kakak perempuan-red) mau balik natal nih. Aku harus nyiapin tenaga semaksimal mungkin"
Saya : "Haa? Emang kamu mau ngapain sama cici kamu?"
Murid sy : "Habis kalo dia balik kita pasti bakal berantem tiap hari. Aku nggak mau kalah terus!"
Saya: "......" (mikir betapa berbedanya dengan hubungan saya dan adik saya yang begitu manis, adem-ayem, rukun dan sempurna.....hahaha "Narsis mode": ON!).

Ok, deh, back to cerita adek. Karena saya dah ga sabar pengen ngontak dia, sayapun sms dia.

Saya : "Bo! Kamu nyampe jam berapa?"
Adek: (gak bales)
(Tiba-tiba hp berbunyi)
Adek: "Mbak, aku nggak jadi pulang. (diam) .... Aku ketinggalan kereta..(terputus)"

Sesaat saya nggak bisa berkata apa-apa. bengong. Pengen ketawa, penasaran, tapi kasihan. Murid yang lagi main piano di samping saya sampai nggak kena perhatian. Sampai akhirnya dia mencetus bete, "Miss! Aku dah selesai mainnya!" Sayapun balik lagi ke bumi.
Habis itu ngajar jadi ga konsen. Penasaran sama pengalaman adek kenapa kok bisa ketinggalan kereta. Ternyata Jakarta saat itu sedang diguyur hujan lebat. Terpaksanya adek malang itu nggak bisa ke stasiun naik ojek. Dia pake taksi ke Gambir. bayangin aja, jam pulang kantor jalanan macetnya kayak apa kalo kita pake kendaraan roda empat. So, adekpun menghabiskan waktu yang lebih lama dari perkiraanya di jalan. Ketika dia nyampe di Gambir kereta dah berangkat setengah jam yang lalu. Diapun menangis sesenggukan, terlantar sendirian di setasiun Gambir yang ramai (heheeh.. kalo kalimat ini sih sya ngarang aja. Lucu, ngebayangin kalo dia bener-bener terlantar di Gambir.. jahat ya??).

Yang buat saya heran sama pengalaman adek saya itu, kenapa juga udah ketinggalan kereta malah nangis bukannya menghubungi kita-kita yang di rumah. waktu saya tanya kenapa dia nggak menghubungi mommy, dia bilang belum bisa ngomong. Halah! bengong aja saya, kenapa juga nggak bisa ngomong? Emangnya dia mau ngaku kalo dia udah ML di luar nikah or menyukai sesama jenis?? Cuma ketinggalan kereta gitu loh... Not a big deal to be panic that way. Akhirnya saya yang inisiatif laporan ke mommy. dan seperti yang saya duga mommy langsung kontak adek dan memberikan dukungan moril supaya dia tetap tabah setelah ditinggal kereta di sana. Hanya dalam waktu beberapa menit adek dah nggak tersendat-sendat lagi ngomongnya. Dan dia bilang kalo dia mau pulang malam berikutnya, pake travel. Phew! Akhirnya dapet solusi juga dia...

Berkaca dari pengalaman adek, bikin saya merenung sekaligus geli. Pertama, sebagai seseorang yang tidak berdomisili di Jakarta, pengalaman adek bisa jadi gambaran betapa masalah lalu lintas jadi sebuah hell bagi warga jakarta (herannya kok banyak juga yang justru merindukan kemacetan itu). itu juga yang bikin saya males banget buat kerja di sana (walaupun sebagian besar teman saya bekerja di sana dan dengan sukses berhasil membuat saya iri..hiks..hiks..). Mommy juga bilang kalo untuk urusan yang satu itu, kalo kita dibatasi oleh waktu, kita mesti mempertimbangkan benar-benar alokasinya. Saya jadi mikir kalo saya tinggal di Jakarta saya pasti bakal punya masalah dengan punctual. Secara saya sudah terbiasa kalo berangkat kerja selalu tepat waktu (berangkatnya lho.. bukan datangnya). I mean : masuk jam 8, berangkat jam 8! Hehehe.. bukan kebiasaan yang bagus yah....

Kedua, Keluarga bisa jadi tempat pelarian yang bagus buat segala masalah dan kekacauan yang terjadi dalam hidup ini. Well, banyak pilihan sih tempat sampah lainnya buat membuang segala uneg-uneg dan masalah itu, misal: teman, pasangan, psikiater, pengunjung forum/blog, atau bahkan orang yang sekedar duduk di samping kita. Tapi menurut saya, keluarga adalah yang paling baik. Saya tidak bermaksud menyalahkan adek karena sikapnya yang awalnya tidak berniat membagi masalahnya dengan keluarga. Mungkin itu karena gengsi dia aja yang ngerasa dia bukan anak kecil lagi, so dia nggak perlu lah ngadu beginian ke ortu. Tapi, bisakah kita berubah di mata keluarga kita? Saya dan adek tetaplah seorang anak di mata ortu. Adek tetaplah adek di mata saya. Kakak tetaplah kakak di mata adek. Nggak akan ada yang berubah. Walaupun packaging mungkin berubah (disesuaikan sama usia), isinya tetap tidak akan berbeda. Buat saya, adek akan selalu menjadi adek kecil yang akan selalu dijaga dan dibimbing. Bagi ortu, saya dan adek akan selalu menjadi bayi mereka yang harus selalu dilindungi dan dibimbing. That is family. Nggak ada salahnya kita kembali menjadi apa adanya dan bermanja-manja dalam keluarga..... (hiks... hiks.. kok jadi berkaca-kaca ya mata saya)

Ya sud-lah... mungkin itu sedikit cerita untuk hari ini. Oya, kerasa ada yang bedakah dengan tulisan saya? Yup! Rasanya kok jadi lebih serius nih... huehehehe... mencoba merubah "gw" jadi "saya". Nggak papa lah.. Biar lebih sesuai sama renunganya. Ntar kalo mau nyante balik ke "gw" lagi.....hihihihi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar